Carpal Tunnel Syndrome

28 Agu

Carpal Tunnel Syndrome

 

Carpal tunnel syndrome mengenai n. medianus karena kompresi di bawah retinakulum volar.

Pada terowongan karpal yang normal hampir tidak ada ruang untuk semua tendon dan saraf medianus; sebagai akibatnya, setiap pembengkakan bisa berakibat kompresi dan iskemia pada saraf. Tomografi komputer menunjukkan bahwa wanita mempunyai terowongan yang lebih kecil daripada pria, dan mereka yang menderita sindroma ini mempunyai terowongan yang paling kecil.

Biasanya penyebabnya lolos dari deteksi; sindroma ini biasa pada menopause, pada artritis reumatoid, pada kehamilan, dan pada miksedema.

 


 

Gambaran Klinis

Penderita mengeluh kelemahan tangan atau kekakuan, terutama bila melakukan pekerjaan halus menggunakan jari.

Rasa sakit dan paraestesia terjadi dalam distribusi saraf medianus tangan. Tiap malam pasein terbangun pada jam-jam awal dengan rasa nyeri yang panas membakar, perasaan geli, dan mati rasa. Menggantung lengan di sisi tempat tidur, atau menggoncang-goncang lengan dapat menyembuhkan gejala.

Keadaan ini delapan kali lebih sering pada wanita dibanding pria. Kelompok umur yang biasa terserang adalah 40-50 tahun; pada pasien yang lebih muda bisa ditemukan faktor-faktor yang berkaitan, misalnya kehamilan, atau penyakit reumatoid.

Kedua tangan atau hanya tangan yang dominan mungkin terkena. Tanda-tanda fisik yang abnormal biasanya tak ada.

Pada kasus lanjut terdapat kelumpuhan otot thenar dan kelemahan abduksi ibu jari. Penelitian dengan listrik memperlihatkan konduksi saraf yang melewati pergelangan tangan melambat.

 

Gambar 1. Kasus Carpal Tunnel Syndrome Lanjut

 

Parestesia akan tambah hebat bila dilakukan fleksi pergelangan semaksimal mungkin selama satu menit, yang disebut tes Phalen. Dengan menggunakan turniket atau pompa tensimeter didapatkan hasil yang sama.

 

Diagnosis

Gejala sindroma terowongan karpal dengan mudah keliru dengan spondilosis servikal yang melibatkan C6 dan C7. Tanda-tanda sinar-X degenerasi diskus servikal biasa pada orang tua; dan hal ini menambah keruwetan. Keluhan klasik nyeri dan paraestesia pada malam hari bersama dengan perubahan konduksi saraf membantu menegakkan diagnosis.

 

Terapi

Pada sebagian besar kasus, divisi operasi ligamentum karpal anterior menawarkan penyembuhan yang cepat dan sederhana. Terapi konservatif mungkin lebih baik selama kehamilan; pergelangan tangan dibebat pada malam hari untuk mencegahnya melipat dalam fleksi.

 


 

Bila tatalaksana konservatif tidak berhasil, dapat dilakukan sayatan retinakulum yang dapat dikerjakan secara endoskopik.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: