UKDI I

12 Mar

Seorang wanita usia 20 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan keputihan. Keluhan terkadang disertai gatal. Sekret vagina sedikit berbusa dan bau amis ikan. Pada pemeriksaan tanda vital didapatkan, tekanan darah 120/80 mmHg, frekuensi nadi 80 x/menit, frekuensi nafas 20 x/menit, dan suhu 36,5oC. Pada pemeriksaan ditemukan adanya clue cells. Penyebab keluhan ini adalah
A. Gardenella vaginalis.
B. Trikomonas vaginalis.
C. Candida Albicans.
D. Treponema pallidum.
E. Neisseria Gonorrhoeae.

Pria dibawa ke IGD dengan penurunan kesadaran, sebelumnya muntah dan nyeri kepala berat. Pada pemeriksaan neurologis terdapat kelumpuhan nervus cranial III, VI, dan IX. Pada oftalmoskop terdapat perdarahan retina. Di mana perdarahan terjadi?
A. Perdarahan epidural
B. Perdarahan subdural
C. Perdarahan batang otak
D. Perdarahan subaraknoid
E. Perdarahan intratekal

Pasien, 30 tahun datang ke rumah sakit dengan keluhan demam dan menggigil. Sebelumnya 3 hari yang lalu pasien jatuh dari tangga dan mengalami patah tulang terbuka grade II. Pasien sudah dijahit di puskesmas dengan luka jahitan 28 cm. Pemeriksan fisik saat ini Tekanan darah 80 melalui palpasi, nadi 120 x/menit, suhu tubuh 39oC, Hemoglobin 6 gr/dl. Diagnosa
A. Osteomelitis
B. Tetanus
C. Miolitis
D. Osteoporosis
E. Buerger disease

Seorang laki-laki, berusia 20 tahun, datang ke unit gawat darurat dengan keluhan nyeri dan bengkak di lutut kanan, disertai krepitasi. Ia juga mengeluhkan sendi panggul kanannya tidak dapat digerakkan. Tidak ada luka sama sekali. Dari anamnesis didapatkan keterangan ia adalah penumpang mobil, duduk di samping supir, yang bertabrakan dengan mobil lain dari arah berlawanan. Apakah tindakan sementara, yang segera harus dikerjakan pada pasien ini?
A. Reduksi
B. Fiksasi
C. Fasiotomi
D. Pembidaian
E. Traksi

Seorang laki-laki, 20 tahun, dibawa ke UGD karena bahu kirinya sakit dan bengkak sejak terjatuh 1 jam lalu saat bermain sepak bola. Pada pemeriksaan tampak bahu kiri bengkak, fleksi, eksorotasi, dan abduksi. Diagnosa pasien ini
A. Dislokasi bahu anterior
B. Dislokasi bahu posterior
C. Fraktur clavicula
D. Fraktur bahu
E. Dislokasi acromion

Dislokasi bahu anterior
Posisi lengan atas dalam posisi abduksi. Kaput humerus didorong ke depan dan menimbulkan avulsi simpai sendi bagian bawah dan kartilago beserta periosteum labrum glenoidalis bagian anterior.

Seorang perempuan berusia 34 tahun datang ke Puskesmas dengan keluhan tingling pada jari telunjuk dan jari tengah kanan sejak 2 bulan yang lalu. Dia juga mengeluhkan kelemahan pada tangan kanannya dan mulai sering menjatuhkan beberapa barang seperti cangkir. Sebelumnya dia dalam keadaan sehat dan tidak pernah mengalami kecelakaan atau nyeri pada leher. Pada pemeriksaan neurologik, gerakan ekstensi bahu dan sendi siku dalam keadaan normal baik kekuatan maupun range of movement. Syaraf apakah yang paling mungkin mengalami kompresi?
A. Nervus radialis
B. Nervus ulnaris
C. Nervus aksilaris
D. Nervus medianus

Seorang wanita berusia 28 tahun dibawa ke UGD oleh keluarganya dengan keluhan otot di sekitar mulut sering berkedut-kedut. Gejala ini dirasakan semakin memberat dalam 2 hari sebelum dibawa ke RS. Dari pemeriksaan fisik didapatkan TD 130/70 mmHg, nadi 86 x/menit, RR 20 x/menit dan suhu 37,2oC. Pasien sudah menggunakan obat antipsikotis dalam 1 tahun belakangan ini. Apakah diagnosis yang paling mungkin?
A. Sindrom ekstrapiramidal
B. Sindrom neuroleptik maligna
C. Tardive dyskinesia
D. Parkinsonisme
E. Parkinson’s disease

Tardive dyskinesia is a movement disorder caused by long-term use of certain medications called neuroleptic drugs, along with some other drugs that increase the brain’s sensitivity to the neurotransmitter dopamine. It is characterized by uncontrolled facial movements such as protruding tongue, chewing or sucking motions and making faces.

Seorang wanita usia 35 tahun, seorang ibu rumah tangga datang ke puskesmas dengan keluhan sering terbangun pada dini hari dan sulit tidur kembali. Hal ini dialami olehnya sejak 1 bulan yang lalu. Pasien juga mengeluhkan lemas, sering pusing dan sulit konsentrasi sejak bercerai dengan suaminya. Obat apa yang diberikan pada pasien ini ?
A. Antiansietas
B. Antidepresi
C. Antipsikosis
D. Antiinsomia
E. Antikonvulsan

Seorang laki-laki berusia 30 tahun dibawa ke dokter oleh ibunya dikarenakan anaknya tersebut suka mengatakan bahwa kiamat akan terjadi tahun 2012 dari ramalan suku maya kepada orang-orang di sekitarnya. Hal tersebut dialami lelaki ini sejak 2 tahun belakangan ini. Pasien ini juga suka berpenampilan layaknya tokoh-tokoh mistis. Selama pemeriksaan tidak didapatkan tanda-tanda psikosis. Gangguan kepribadian pada pasien tersebut adalah
A. Gangguan kepribadian skizoid
B. Gangguan kepribadian skizotipal
C. Gangguan kepribadian antisosial
D. Gangguan kepribadian paranoid
E. Gangguan kepribadian histrionik

Seorang anak perempuan 8 tahun diantar ibunya memeriksakan diri ke puskesmas dengan keluhan gatal pada kepala, terutama kepala bagian belakang. Penyakit yang serupa juga diderita oleh teman-teman sekolahnya. Pada pemeriksaan didapatkan rambut kusam dan lengket. Apakah penyebab penyakit pada pasien tersebut ?
A. Pedikulosis
B. Dermatosis
C. Tineasis
D. Scabies
E. Pitiriasis

Seorang wanita berusia 37 tahun datang ke dokter praktek umum untuk memeriksakan kesehatannya. Pada pemeriksaan fisik didapatkan berat badan 51 kg, tinggi badan 156 cm, lingkar pinggang 55 cm, tekanan darah 120/90 mmHg. Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan glukosa puasa 95 mg/dL, trigliserida 160 mg/dL, HDL-kolesterol 37 mg/dL, asam urat 6 mg/dL. Apa problem utama pada pasien tersebut ?
A. Obesitas.
B. Dislipidemia.
C. Hiperurisemia.
D. Hipertensi
E. Sindroma metabolik

Laki-laki 62 tahun DM tipe II, datang untuk melakukan medical check-up. Didapatkan hasil pemeriksaan index massa tubuh 38. Apakah hasil pemeriksaan lipid yang dapat ditemukan pada pasien ini?
A. Kadar trigliserida menurun
B. Kadar HDL kolesterol meningkat
C. Perbandingan HDL dan LDL menurun
D. Perbandingan HDL dan LDL meningkat
E. Kadar HDL kolesterol normal

Seorang laki-laki, 65 tahun menderita DM sejak 10 tahun yang lalu, pemeriksaan Lab reduksi urin +++, GDP 250 mg/dl dan 2 jam post prandial 450 mg/dl. Apa penyebab meningkatnya kadar glukosa darah 2 jam post prandial?
A. Meningkatnya glikogenesis dan lipogenesis
B. Terlambat glikogenesis dan lipogenesis
C. Meningkatnya glikogenesis dan glukoneogenesis
D. Meningkatnya glukoneogenesis
E. Meningkatnya glikolisis

• Glikogenesis adalah lintasan metabolisme yang mengkonversi glukosa menjadi glikogen untuk disimpan di dalam hati. Lintasan ini diaktivasi di dalam hati, oleh hormon insulin sebagai respon terhadap rasio gula darah yang meningkat, misalnya karena kandungan karbohidrat setelah makan; atau teraktivasi pada akhir siklus Cori.
• Lipogenesis is the process by which acetyl-CoA is converted to fats. The former is an intermediate stage in metabolism of simple sugars, such as glucose, a source of energy of living organisms. Through lipogenesis, the energy can be efficiently stored in the form of fats.

Laki-laki 56 tahun mengeluh muncul benjolan sebesar telur ayam di lipat paha kanan. Benjolan muncul saat beraktivitas, tidak hilang saat tidur berbaring. Disertai nyeri dan keluhan muntah. Apakah diagnosis yang mungkin?
A. Hernia hiatal
B. Hernia skrotalis
C. Hernia inkarserata
D. Hernia femoralis
E. Hernia inguinalis

Seorang laki-laki 40 tahun mengaku nyeri pada biji kemaluan kanan, keluhan dirasakan saat bangun tidur. Riwayat trauma dan gangguan BAK disangkal. Pada pemeriksaan, tanda vital normal, skrotum jika ditekan nyeri, jika skrotum dinaikkan nyeri menetap. Apakah diagnosa pada pasien ini?
A. Hidrokel testis dextra
B. Varikokel testis dextra
C. Hernia skrotalis dextra
D. Epididioorkhitis dextra
E. Torsio testis dextra

Laki-laki 18 tahun datang ke RS dengan keluhan sakit di daerah skrotum. Pada PF didapatkan testis kiri membesar, merah dan letaknya lebih tinggi dari testis kanan posisi mendatar. Pada pemeriksaan USG ditemukan testis dengan caput epididimis seperti skorda spermatic membesar dan berisi cairan di sekitar testis. Apakah diagnosis paling mungkin?
A. Epididimoorkitis
B. Abses testis
C. Torsio testis
D. Tumor testis
E. Hernia scrotalis

Seorang wanita berusia 63 tahun datang ke UGD dengan keluhan mata kuning. Hal ini dialami sejak 2 minggu ini. Pasien juga mengeluhkan BAB yang warnanya seperti dempul dan warna urine seperti teh pekat. Tidak dijumpai demam dan tidak ada nyeri tekan di epigastrium. Apakah diagnosa pasien ini?
A. Abses hepar
B. Kolesistitis
C. Kolelitiasis
D. Koledokolitiasis
E. Hepatoma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: